PIMPINAN DEWAN
MEDIA SOSIAL


Komisi III Gelar Publik Hearing Penyusunan Raperda Inisiatif tentang Penyelenggaraan Jalan
Ditulis oleh : Admin Ganteng - Bagian : Persidangan

24 Mei 2017 - 13:42:18 WIB

Wonogiri - Komisi III DPRD Kabupaten Wonogiri, pada hari Senin (22/5) di Gedung Graha Paripurna DPRD Kabupaten Wonogiri menggelar Publik Hearing Penyusunan Raperda Inisiatif tentang Penyelenggaraan Jalan. Acara ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan kegiatan jaring asmara yang telah dilaksanakan sebelumnya pada tanggal 2 dan 4 Mei 2017 yang mengambil lokasi di Kecamatan Wuryantoro dan Kecamatan Ngadirojo.

Publik Hearing ini dilaksanakan sebagai salah satu rangkaian dari proses yang ditempuh dalam proses penyusunan raperda inisiatif DPRD, yang dalam hal ini dilaksanakan Komisi III sebagai Komisi Pengusul. Diselenggarakannya kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang publik sebagai sarana partisipasi dan interaksi masyarakat dengan pemerintah, agar lebih terbuka dan transparan dalam rangka perumusan kebijakan yang akan dituangkan dalam Raperda Inisiatif tentang Penyelenggaraan Jalan.

Seiring dengan dilaksanakannya kebijakan otonomi daerah di Indonesia, dimana tanggung jawab pemeliharaan dan pengembangan jaringan jalan regional beralih ke Pemerintah Daerah. Peralihan tanggungjawab tersebut sudah sewajarnya harus dapat diimbangi dengan kemampuan Pemerintah Daerah dalam kemampuan teknik, manajerial dan pembiayaan dalam penyelenggaraan jalan. Namun dalam prosesnya di lapangan, banyak  permasalahan yang terjadi diantaranya yaitu sering terjadi tumpang tindih kewenangan dan saling lempar tanggung jawab kesalahan dalam penanganan infrastruktur jalan antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota. Dengan adanya Raperda Penyelenggaraan Jalan yang di dalamnya meliputi pengaturan kewenangan pengelolaan, pembangunan dan pengawasan jalan ini, diharapkan nantinya ada kejelasan mengenai klasifikasi jalan, sehingga dapat mewujudkan kepastian hukum penyelenggaraan jalan sesuai dengan kewenangannya, mana jalan yang masuk klasifikasi jalan nasional, jalan provinsi, jalan kabupaten dan jalan desa.

Disamping itu pengalihan status jalan desa menjadi jalan kabupaten juga menjadi salah satu topik bahasan yang menarik, dikarenakan hingga saat ini banyak usulan yang masuk dari desa ke Pemerintah Daerah yang memohon pengalihan status jalan tersebut. Penyebabnya, bisa jadi desa yang bersangkutan tidak memiliki kemampuan keuangan yang memadai untuk merawat maupun membangun jalan desa.

Hadir dalam acara tersebut Ketua dan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Wonogiri dengan didampingi dari perwakilan tenaga ahli Pusdemtanas LPPM UNS Surakarta, para camat se-Kabupaten Wonogiri, Perwakilan kepala Desa, Perangkat Desa, BPD, Ketua Organda, OPD terkait dan Tokoh Masyarakat.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda website DPRD Kabupaten Wonogiri ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 96942 kali