PIMPINAN DEWAN
MEDIA SOSIAL


Jelang Lebaran, Komisi II Pantau Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur dan Kampung Wayang Manyaran
Ditulis oleh : Admin Ganteng - Bagian : Subag Humas & Protokol

22 Juni 2017 - 10:51:14 WIB

Wonogiri - Menyongsong libur panjang lebaran Tahun 2017 yang hanya tinggal dalam hitungan hari, Komisi II DPRD Kabupaten Wonogiri melakukan monitoring ke Obyek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) dan Kampung Wayang yang terletak di Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran Selasa (20/6).

Dalam kunjungannya ke WGM, Komisi II memfokuskan pada proses penyelesaian pembangunan kios dan warung bagi pedagang kaki lima (PKL) yang ditargetkan Dinas Kepemudaan Dan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Wonogiri (Dispora) selesai sebelum lebaran.

"Total ada 120 kios yang diperuntukkan bagi 403 PKL", tukas Sentot Sujarwoko, Kepala Dispora saat mendampingi kunjungan Komisi II. Pembenahan lain yang terlihat adalah terus dilakukannya perluasan parkir di daerah selatan WGM, ini dilakukan guna memberikan pelayanan yang lebih baik sehingga menarik minat wisatawan untuk mengunjungi objek wisata WGM.

Kristian Teguh Suryono, Anggota Komisi II mengapresiasi dengan baik Dispora yang terus berkomitmen tinggi membenahi fasilitas dan sarana prasarana WGM. "Banyak area wisata yang hingga saat ini belum tercover dengan fasilitas jalan yang baik, kedepannya sebaiknya dibuatkan landscape jalan yang melewati semua area wisata di WGM",tambah Kristian Teguh.

Sementara itu, Wayang Village (Kampung Wayang) Kepuhsari yang merupakan sebuah output kewirausahaan sosial kreasi anak bangsa, yang dibangun demi menjaga dan melestarikan wayang kulit sebagai warisan Budaya Indonesia yang adiluhung. Saat ini berusaha untuk terus menjaga konsistensinya melalui swadaya masyarakat sekitar. "Peran Warga Desa Kepuhsari sebagai penjaga gerbang desa budaya ini begitu kuat dan mereka bersedia membagikan falsafah luhur wayang kulit kepada anak bangsa melalui berbagai program wisata budaya," ungkap Mbak Retno, salah satu Pengelola Wayang Village.

Dengan segala keterbatasan yang ada, mereka berusaha untuk terus survive. Ada 4 paket wisata yang mereka tawarkan dengan fasilitas yang beragam. Dengan paket wisata yang telah disusun mulai dari atraksi penyambutan, kuliner, workshop membuat wayang kulit, pagelaran wayang kulit, hingga penginapan (homestay) yang diharapkan bisa menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Saat ini kampung village telah memiliki 38 Homestay, namun hanya 20 yang dianggap layak untuk ditempati Wisatawan. Kedepannya secara bertahap akan dibuat homestay tipe A, B, C, dst. Dengan penanganan yang dikelola secara profesional, diharapkan Kampung village dapat berkembang lebih pesat. Untuk promosi, pengelola kampung village telah bekerjasama dengan beberapa agen wisata baik dalam maupun luar kota Wonogiri. Selain tentunya melakukan promosi sendiri melalui website, instagram, facebook dan sosial media yang lain.


JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda website DPRD Kabupaten Wonogiri ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 96958 kali