PIMPINAN DEWAN
MEDIA SOSIAL


Gandeng Kejaksaan, Satpol PP Wonogiri "PeDe" Tegakkan Perda
Ditulis oleh : Admin Ganteng - Bagian : Subag Humas & Protokol

18 Oktober 2017 - 14:02:07 WIB

Wonogiri - Hal ini disampaikan Kepala Satpol PP Kabupaten Wonogiri, Waluyo saat hadir dalam penerimaan Kunjungan Kerja Komisi A DPRD Kabupaten Semarang di Ruang Rapat Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Wonogiri, Rabu (18/10).

Kedatangan Komisi A DPRD Kabupaten Semarang yang berjumlah 11 orang dipimpin oleh Bapak Suparso, BA, SH. ini dalam rangka berbagi pengalaman dan informasi implementasi fungsi DPRD dalam bidang pengawasan khususnya penegakkan Perda. DPRD Kabupaten Wonogiri sebagai tuan rumah diwakili oleh Bapak Suparmo, yang menjabat sebagai Sekretaris Komisi III DPRD Kabupaten Wonogiri dan didampingi dari OPD terkait yaitu dari Satpol PP dan Bagian Hukum Setda.

Dengan anggaran "hanya" sebesar Rp.40 juta dan personil yang ada terbatas, Waluyo dan jajarannya tetap merasa percaya diri dalam menegakkan perda. Diakuinya kesepakatan (MoU) yang dibuat dengan pihak Kejaksaan membuat kerja penegakkan perda menjadi lebih efektif. "Saat kami berpatroli ke daerah dan menemukan adanya reklame atau bangunan tanpa ijin yang berdiri menyalahi aturan langsung kami eksekusi tanpa pandang bulu, seperti BTS dan tempat karaoke," ungkap Waluyo.

Waluyo menambahkan, Kendala yang kami hadapi yang terberat tentunya adalah faktor kemanusiaan. Bagaimana saat kami harus menata PKL yang berjualan di sekitar trotoar jalan ataupun pinggiran Pasar Kota Wonogiri. Tidak hanya anak muda, kami juga harus berhadapan dengan orang tua yang berkeras area jualannya tidak mau ditertibkan, saat menjawab pertanyaan dari salah satu Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Semarang.

Selain dengan cara persuasif, Satpol PP juga berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya penegakkan perda dengan cara preventif dalam hal perijinan, diantaranya dengan melakukan klarifikasi terlebih dahulu kepada penanggungjawab obyek bangunan yang dicurigai apakah sudah mengantongi IMB atau belum, dan juga dengan meningkatkan SDM jajarannya dalam hal IT.

Adanya dukungan dari Bupati dan Anggota Legislatif serta kerjasama semua lapisan masyarakat dalam fungsi pengawasan penegakkan Perda ini bisa terlihat nyata dari berbagai penghargaan yang diterima Pemerintah Kabupaten Wonogiri pada tahun ini, diantaranya Adipura dan Wahana Tata Nugraha.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda website DPRD Kabupaten Wonogiri ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 114457 kali