PIMPINAN DEWAN
MEDIA SOSIAL


Ketua DPRD Sampaikan Laporan Kinerja Pimpinan dalam Sidang Paripurna
Ditulis oleh : Admin Ganteng - Bagian : Subag Humas & Protokol

11 Januari 2018 - 13:25:40 WIB

Wonogiri - DPRD Kabupaten Wonogiri menggelar Rapat Paripurna dengan 3 agenda yaitu Penyampaian Laporan Kinerja Pimpinan DPRD Kabupaten Wonogiri Tahun 2017, Penyampaian Nota Penjelasan Ketua DPRD atas 2 Raperda Inisiatif DPRD, dan Penyampaian Nota Pengantar Bupati atas 3 Raperda dilanjutkan Pembentukan Pansus, Kamis (11/1). Paripurna hari ini dipimpin Ketua DPRD, Setyo Sukarno yang dihadiri Jajaran Forkopimda dan Eksekutif Pemerintah Kabupaten Wonogiri.

Rapat Paripurna diawali dengan Penyampaian Laporan Kinerja Pimpinan DPRD oleh Wakil Ketua DPRD, Suhardono. Penyampaian Laporan Kinerja Pimpinan DPRD ini dilaksanakan berdasarkan Tata Tertib (Tatib) DPRD Kabupaten Wonogiri Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 45 ayat (1) Huruf K, dimana "Pimpinan DPRD mempunyai tugas menyampaikan Laporan Kinerja Pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna DPRD yang khusus diadakan untuk itu". Selain sebagai wujud konsistensi terhadap aturan, penyampaian Laporan Kinerja ini juga sebagai acara simbolis untuk menutup masa persidangan di Tahun 2017, sekaligus membuka masa persidangan di Tahun 2018.

Beberapa hal yang disampaikan di Laporan Kinerja ini tentunya berkaitan dengan pelaksanaan fungsi - fungsi DPRD sebagai Lembaga Perwakilan Rakyat yakni fungsi pembentukan peraturan daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. "Pada Tahun 2017 kemarin, DPRD telah menyelesaikan pembahasan sebanyak 7 Raperda. Dari 7 Raperda, 4 Raperda merupakan usulan Bupati melalui OPD dan 3 Raperda merupakan Inisiatif DPRD. Jumlah ini memang menurun dari tahun sidang sebelumnya, namun demikian bukan berarti terjadi penurunan kinerja, karena kita tetap terus berupaya bekerja keras agar target propemperda bisa tercapai," ujar Suhardono.

Sebagai bentuk konkrit dari laporan kinerja ini, Dokumen Laporan Kinerja Pimpinan DPRD Kabupaten Wonogiri Tahun 2017 secara simbolis disampaikan dalam forum ini melalui Bupati Wonogiri yang didalam kesempatan ini diwakili Wakil Bupati Wonogiri serta Masyarakat Wonogiri melalui Fraksi - Fraksi di DPRD Kabupaten Wonogiri.

Setelah prosesi penyerahan Buku Laporan Kinerja Pimpinan DPRD, Rapat Paripurna dilanjutkan dengan Penyampaian Nota Penjelasan Ketua DPRD terhadap 2 Raperda Inisiatif DPRD yaitu Raperda tentang Penyelenggaraan Jalan Daerah dan Raperda tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan yang disampaikan Wakil Ketua DPRD, Basriyono,S.Pd.

Untuk agenda terakhir, Wakil Bupati menyampaikan Nota Pengantar Bupati terkait Raperda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial, Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah dan Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan, yang kemudian dilanjutkan dengan pembentukan 2 Pansus dimana Pansus I yang diketuai M.H Zainudin, S.Sos, M.Hum membahas materi Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan dan Raperda Inisiatif DPRD tentang Penyelenggaraan Jalan Daerah, sementara Pansus II dengan Ketua Pansus Sriyono, S.Pd membahas materi Raperda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dan Raperda Inisiatif DPRD tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan.

Mengakhiri Rapat Paripurna hari ini, Setyo Sukarno mengucapkan selamat bekerja kepada Pansus I dan II yang telah dibentuk hari ini yang nantinya akan memulai pembahasan Raperda-Raperda baik yang Inisiatif DPRD maupun Eksekutif sesuai jadwal yang telah ditetapkan dalam Rapat Badan Musyawarah.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda website DPRD Kabupaten Wonogiri ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 134694 kali