PIMPINAN DEWAN
MEDIA SOSIAL


Ketua DPRD Hadiri Persiapan Pemberlakuan Kartu Tani
Ditulis oleh : Admin Ganteng - Bagian : Subag Humas & Protokol

17 Januari 2018 - 09:24:37 WIB

Wonogiri - Sebanyak 380 orang dari Perwakilan Ketua Gapoktan, Koordinator Balai Penyuluhan Kecamatan, Produsen, Distributor, KPL dan Badan Dinas terkait menghadiri pertemuan dalam rangka persiapan pemberlakuan kartu tani di Pendopo Kabupaten Wonogiri, Selasa (16/1).

Pertemuan yang dihelat Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Wonogiri ini dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan komitmen antara Komisi Pengawasan Pupuk Dan Pestisida ( KP3 ) dengan para pemangku kepentingan dalam rangka pelaksanaan penggunaan kartu tani sebagai alat penebusan pupuk bersubsidi maupun dalam pendistribusiannya, demikian disampaikan Kadinas Pertanian dan Pangan, Safuan dalam Laporannya.

Ketua DPRD, Setyo Sukarno yang hadir bersama Jajaran Forkopimda yang lain menyampaikan bahwa Kartu Tani ini adalah sebuah kartu yang hanya bisa dimiliki seorang yang benar-benar petani setelah melalui serangkaian proses verifikasi, dan kartu inilah yang akan dipakai petani untuk mendapatkan pupuk bersubsidi sehingga dengan cara ini subsidi pemerintah tak akan nyasar lagi kepada yang tidak berhak.

"Kehadiran kartu ini digadang-gadang bakal menjadi langkah besar atau sebagai bukti nyata keberpihakan pemerintah pada petani yang selama ini, harus diakui bahwa petani lebih sering berada pada posisi yang sangat lemah akibat banyaknya pemain dalam bidang pertanian bermodal besar,"tambahnya.

Dari informasi yang diterima dari Dinas Pertanian dan Pangan, total sebanyak 154.561 kartu tani yang telah didistribusikan ke petani, dengan 145.838 kartu tani telah resmi diterima dan 8.720 tidak jadi didistribusikan dikarenakan adanya beberapa permasalahan diantaranya NIK dobel, petani telah meninggal dunia, petani tidak mau menerima, dll.

Dengan adanya kartu ini nantinya juga diharapkan akan menjadi kartu ampuh bagi petani untuk mendapatkan kredit bank ke program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan sebagainya, dan ke depan benar-benar akan membawa kemaslahatan bagi para petani di seluruh indonesia, khususnya di Kabupaten Wonogiri.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda website DPRD Kabupaten Wonogiri ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 167055 kali