PIMPINAN DEWAN
MEDIA SOSIAL


Dewan Wonogiri Setujui 5 Raperda Menjadi Perda
Ditulis oleh : Admin Ganteng - Bagian : Subag Humas & Protokol

08 Februari 2018 - 09:10:23 WIB

Wonogiri - Lima Raperda Kabupaten Wonogiri tahun 2018 telah disetujui bersama oleh Bupati Wonogiri dan DPRD Wonogiri pada Rapat Paripurna DPRD Wonogiri, Selasa (6/2) setelah melalui beberapa kali pembahasan sebelumnya oleh Panitia Khusus I dan II DPRD Kabupaten Wonogiri. Sebelum ditetapkan dan disetujui bersama, masing - masing panitia khusus (Pansus), yaitu Pansus I dan II menyampaikan laporan hasil pembahasannya. Pansus I melalui Jubirnya, Sri Hariyanto dan Pansus II Haryoto, S.Pd.

Dalam rapat yang dihadiri oleh Pimpinan dan Anggota DPRD, Jajaran Forkopimda dan Jajaran Eksekutif dilingkungan Pemerintah Kabupaten Wonogiri, dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri Setyo Sukarno.

Ketika membuka Rapat Paripurna, Setyo Sukarno mengatakan ada 5 Raperda yang hari ini akan disetujui dan ditetapkan bersama untuk menjadi Peraturan Daerah yaitu Raperda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Raperda tentang Penyelenggaraan Perhubungan, Raperda tentang Penyelenggaraan Jalan Daerah, Raperda tentang Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial dan Raperda tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan. Lebih lanjut Ketua DPRD, juga mengungkapkan Permbahasan Raperda telah dilakukan oleh dua Pansus.
Usai disampaikan laporan Pansus I dan II yang membahas 5 Raperda, maka secara aklamasi Pimpinan dan anggota DPRD dapat menerima Laporan kinerja Pansus I dan II untuk dijadikan bahan pertimbangan pengambilan keputusan. Sidang Paripurna dilanjutkan dengan Penyampaian Pendapat akhir Fraksi-Fraksi DPRD yaitu F.PDI-P, F.PG, F.PKS, F.PGerindra, FPDemokrat dan FPKN. Tujuh Fraksi dalam menyampaikan pendapat akhirnya sepakat menyetujui Lima Raperda untuk ditetapkan menjadi Perda. Atas pendapat akhir fraksi DPRD, maka disampaikan rancangan keputusan DPRD Kabupaten Wonogiri tentang persetujuan Penetapan 5 Raperda menjadi Perda, yang kemudian dimintakan persetujuannya dalam forum rapat Paripurna dan secara aklamasi Pimpinan serta Anggota DPRD dapat menyetujui Rancangan Keputusan tersebut menjadi Keputusan DPRD.

Setelah lima Raperda disetujui penetapannya menjadi Perda, Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santoso menyampaikan terima kasih, utamanya kepada segenap Pansus yang telah mengadakan rapat kerja yang panjang dan melelahkan serta menguras tenaga dan pikiran dalam rangka membahas 5 Raperda tersebut. Dari kelima Perda yang disetujui, ada 1 Perda yang dalam proses pembahasannya ditingkat Pansus akhirnya mengalami perubahan judul yaitu Raperda tentang Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan berubah menjadi Raperda tentang Sistem Kesehatan Daerah dan Pemerintah Kabupaten wonogiri menyambut baik atas disetujuinya rancangan peraturan daerah ini. "Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional, Pemerintah Daerah memerlukan regulasi mengenai sistem kesehatan daerah sebagai upaya untuk kesinambungan didalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dimana secara muatan materi rancangan peraturan daerah tentang penyelenggaraan pelayanan kesehatan telah mengakomodasi ruang lingkup sistem kesehatan nasional dimaksud,'ungkapnya.

"Semoga kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat ditingkatkan pada masa-masa mendatang, dengan harapanagar penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,"pungkas Edy Santoso mengakhiri sambutannya.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda website DPRD Kabupaten Wonogiri ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 167048 kali