PIMPINAN DEWAN
MEDIA SOSIAL


Tingkatkan Sinergitas, Humas Setwan Wonogiri Ajak Kalangan Media Press Tour Ke Jogja
Ditulis oleh : Admin Ganteng - Bagian : Subag Humas & Protokol

19 Februari 2018 - 13:32:33 WIB

Wonogiri - Selama kurun waktu 3 hari dari tanggal 13 s.d 15 Februari 2018, Humas Sekretariat DPRD Kabupaten Wonogiri bersama kurang lebih10 wartawan media peliput di lingkungan DPRD Kabupaten Wonogiri mengadakan kegiatan press tour ke Setwan Sleman dan Kota Jogja. Kegiatan ini merupakan sebuah inovasi yang telah lama digagas Humas Setwan Wonogiri namun karena berbagai kendala baru dapat dilakukan pada tahun ini.

Humas Setwan Wonogiri mengakui peran media saat ini sangat penting artinya dan tidak dapat dipandang dengan sebelah mata. Dan kegiatan ini merupakan salah satu fasilitasi yang mencoba dibangun Humas dalam upaya untuk mewujudkan sinergitas antara lembaga DPRD dengan media sehingga terjalin kedekatan dan keakraban diantaranya. Dan diharapkan dengan kedekatan tersebut maka penyebaran informasi maupun berita yang terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD dapat berjalan lancar.

"Sinergitas antara humas dan media pun juga harus terus dibangun. Karena keduanya memiliki hubungan erat selayaknya sebuah hubungan simbiosis mutualisme yang saling membutuhkan," ujar Sunarmin, SE, MM Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri dalam lawatan hari pertama Rabu (14/2) di DPRD Kabupaten Sleman.

Rombongan diterima langsung Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sleman, Inoki Azmi Purnomo. Beliau mengatakan bahwa kerjasama dengan media di Kabupaten Sleman lebih fleksibel pelaksanaannya, bahkan komunikasi lewat media sosial seperti Whatsapp tentang substansi apa yang akan dipublikasikan dapat dilakukan. "Ada kegiatan jumpa pers, misal terkait raperda dan kami menggandeng media elektronik baik media nasional TVRI Jogja dan media lokal. Sekali waktu juga kami melakukan dialog interaktif juga dengan RRI," tambahnya.

Selama ini produk kerjasama yang sudah dihasilkan Humas Setwan Wonogiri dengan wartawan berdasarkan hasil diskusi dan aspirasi wartawan meliputi berbagai hal, seperti pemberitaan hasil kegiatan AKD atau Alat Kelengkapan Dewan setiap masa persidangan, ruang aspirasi untuk menampung aspirasi masyarakat yang dituangkan dalam pemberitaan website dan twitter DPRD, serta dialog interaktif di TV dan radio.

Kerjasama dan sinergi antara wartawan dan Humas Setwan Wonogiri selama ini sudah berjalan cukup baik. Humas juga memfasilitasi penyaluran aspirasi dan masukan dari wartawan yang bertugas di DPRD Kabupaten Wonogiri yang berkontribusi mendukung program-program pembangunan. Diharapkan kegiatan ini mampu melakukan inovasi dalam pemberitaan dan penguatan kerjasama dengan Dewan ke depannya.

Sementara dalam kunjungan hari berikutnya ke Humas Setwan Kota Jogja Kamis (15/2), diperoleh beberapa informasi diantaranya adanya kerjasama Humas dengan media cetak untuk penayangan kinerja DPRD dimana setiap anggota DPRD mendapatkan 1 kali hak tayang, bisa dalam berupa opini atau hal lainnya. Sementara terkait pers release hanya dilakukan secara insidentil saja.

Ketua DPRD Kabupaten Wonogiri, Setyo Sukarno yang turut mengikuti kegiatan ini, secara khusus meggaris bawahi beberapa point yang dihasilkan dari press tour kali ini. "Beberapa point yang dihasilkan tentu nantinya diharapkan dapat diadopsi di Kabupaten Wonogiri yaitu pelaksanaan pers release secara berkala, perlunya penambahan ruangan khusus di DPRD Kabupaten Wonogiri untuk pers room dan pelaksanaan dialog interaktif baik TV maupun radio dengan lebih intens."

Kasubag Humas Protokol Sekretariat DPRD Wonogiri, Titik Supriyanti, mengatakan, press tour ini bertujuan sebagai salah satu upaya penguatan sinergi kedua pihak dalam mendukung pemberitaan. Kegiatan ini juga diharapkan membuka wawasan baru wartawan maupun bagian Humas Setwan Wonogiri sehingga bisa memberikan kontribusi inovasi dalam konteks pemberitaan. "Kami ingin menimba ilmu di Sekretariat Dewan Kabupaten Sleman dan Kota Jogja. Banyak hal positif yang bisa dipelajari menyangkut bagaimana Humas mengelola pemberitaan dan membangun sinergi dengan wartawan," ujar Titik.

Titik juga berharap, ke depannya, ia terus dapat mengagendakan kegiatan press tour dengan harapan akan semakin banyak inovasi dan ide untuk sinergitas wartawan dan kehumasan DPRD. Acara press tour diikuti Pimpinan DPRD, Ketua Komisi I, Sekretaris DPRD, beberapa wartawan media cetak, online, dan televisi, serta Humas Setwan Wonogiri.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda website DPRD Kabupaten Wonogiri ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 160326 kali