PIMPINAN DEWAN
MEDIA SOSIAL


Ketua DPRD Sampaikan Pokir DPRD Dalam Forum OPD
Ditulis oleh : Admin Ganteng - Bagian : Subag Humas & Protokol

06 Maret 2018 - 14:45:35 WIB

Wonogiri - Ketua DPRD, Setyo Sukarno menyampaikan Pokok - Pokok Pikiran DPRD tentang Arah dan Kebijakan Pembangunan Kabupaten Wonogiri Tahun 2019 pada Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tahun 2018 di Kantor Bappeda dan Litbang Kabupaten Wonogiri, Selasa (6/3).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Wonogiri Joko Sutopo, Wakil Bupati Edy Santoso, Sekretaris Daerah Suharno serta pimpinan OPD Se-Kabupaten Wonogiri. Acara yang dimulai tepat pukul 9 pagi tersebut dibuka dengan sambutan Sekretaris Daerah Kab. Wonogiri, Suharno.

Dalam penyampaiannya, Setyo Sukarno menjelaskan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, mengamanatkan bahwa penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang menjadi pedoman dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), harus berdasarkan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Musrenbang menjadi sarana untuk menghasilkan kesepakatan antar pelaku (stakeholders) pembangunan guna mematangkan rancangan awal RKPD yang dihasilkan oleh Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (Forum SKPD).

Diadakannya kegiatan ini untuk mengetahui seberapa jauh usulan pembangunan yang berada di wilayah kabupaten Wonogiri, baik dari segi infrastruktur, ekonomi, sosial dan pemerintahan, yang berdasarkan hasil dari musrenbang tingkat Kelurahan dan Kecamatan. Hasil musrenbang yang belum disepakati dapat diusulkan dalam forum OPD ini dan akan dijadikan bahan masukan untuk kegiatan OPD terkait dan bahan acuan pada Pokok - pokok pikiran Anggota DPRD kabupaten Wonogiri. Yang nantinya Pokok - Pokok pikiran tersebut disampaikan kepada Kepala Daerah dalam penyusunan RKPD sebagai dasar penyusunan Raperda APBD yang antara lain berisikan hasil penyerapan aspirasi masyarakat melalui reses anggota DPRD, hearing/rapat dengar pendapat dan kunjungan kerja komisi - komisi ke daerah.

"Diharapkan Forum OPD Kabupaten Wonogiri Tahun 2018 ini menjadi momen yang strategis yang akan membahas dan membicarakan Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Wonogiri yang dituangkan dalam RKPD Kabupaten Wonogiri Tahun 2019 dan selanjutnya menjadi arahan dan acuan dalam menyusun KUA - PPAS dan APBD Kabupaten Wonogiri Tahun Anggaran 2019,"cetus Setyo Sukarno.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda website DPRD Kabupaten Wonogiri ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 139031 kali