PIMPINAN DEWAN
MEDIA SOSIAL


Cari Solusi Sampah, Komisi III Gelar Jaring Asmara di Pendopo Kecamatan Ngadirojo
Ditulis oleh : Admin Ganteng - Bagian : Subag Humas & Protokol

07 Mei 2018 - 11:02:12 WIB

Komisi III DPRD Kabupaten Wonogiri, Kamis (3/5) kembali menggelar Jaring Asmara Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif tentang pengelolaan sampah di Pendopo Kecamatan Ngadirojo.

Kegiatan ini telah dilaksanakan untuk kedua kalinya, setelah sehari sebelumnya Rabu (2/5) bertempat di Pendopo Kecamatan Wuryanto. Para Camat, Kepala Desa, Karang Taruna, PKK, Kader Kesehatan se Kabupaten Wonogiri turut ambil peran dalam mendukung pelaksanaan Jaring Asmara Komisi III ini.

Alasan prinsip mengusung raperda ini lantaran persoalan limbah sampah organik maupun anorganik kini menjadi masalah yang sangat krusial di Kabupaten Wonogiri untuk segera dicarikan solusinya.

"Paradigma lama pengelolaan sampah dengan pendekatan penanganan akhir yaitu kumpul, angkut, buang ke TPA sampah sudah saatnya ditinggalkan. Paradigma baru sesuai Undang - Undang No 18/2008, memandang sampah sebagai sumberdaya yang mempunyai nilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan, misalnya untuk kompos, energi, bahan bangunan maupun sebagai bahan baku industri, sedangkan yang dibuang adalah sampah yang benar-benar sudah tidak dapat dimanfaatkan, karena tidak mempunyai nilai ekonomi."ujar Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Wonogiri, Bambang Sadriyanto mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Bambang juga menyampaikan bahwa ada 2 cara untuk mengatasi masalah persampahan khususnya di Kabupaten Wonogiri, yaitu dengan cara pengurangan dan penanganan.

"Pengurangan yaitu dengan cara membatasi timbunan sampah, mendaur ulang dan pemanfaatan kembali sampah. Sedang Penanganan dengan cara memilah, mengumpulkan, mengangkut, mengolah dan memroses akhir sampah."imbuh Bambang.

Pihak akademisi dari Pusdemtanas LPPM UNS Surakarta yang diwakili, Bapak Waluyo, SH, M.Si turut hadir sebagai Narasumber.

"Akan terus terjadi penumpukan sampah yang tidak tertangani. Agar potensi ini terkurangi maka diperlukan payung hukum untuk penanganan pengelolaan sampah secara terpadu dan komprehensif," kata Waluyo.

Pengaturan pengelolaan sampah plastik dalam perda itu, katanya lagi, berdasarkan asas tanggungjawab, asas keberlanjutan, asas manfaat dan asas-asas lainnya.

"Ini tugas yang diemban pemerintah daerah agar pelayanan publik dapat berlangsung dengan baik," tandasnya.

Beberapa perwakilan warga yang hadir turut memberikan masukannya, diantaranya Siswadi dari Jatisari Jatisrono yang mengapresiasi atas adanya Inisiasi DPRD khususnya dari Komisi III DPRD Kabupaten Wonogiri. Dalam kesempatan ini Siswadi menekankan perlu adanya kebijakan pemberian sanksi bagi pembuang sampah sembarangan untuk dituangkan ke dalam Raperda ini nantinya.

Sementara perwakilan dari Karang Taruna Dusun Ketonggo Ngadirojo yang daerahnya berdekatan dengan lokasi Pabrik Konveksi. Beliau menyoroti adanya limbah sampah baik di dalam maupun luar pabrik. "Untuk sampah yang berada di sekitar pabrik memang sudah menjadi tanggung jawab pabrik, tapi untuk yang diluar pabrik kami cukup kesulitan untuk penanganannya. Kaitannya dengan banyaknya person yang sulit untuk diedukasi." jelasnya.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda website DPRD Kabupaten Wonogiri ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 148319 kali