PIMPINAN DEWAN
MEDIA SOSIAL


Live di Jagongan Sar Gede TATV, DPRD Wonogiri Komit Kawal Panca Program Bupati
Ditulis oleh : Admin Ganteng - Bagian : Subag Humas & Protokol

12 November 2018 - 11:47:32 WIB

Disiarkan langsung melalui media elektronik yaitu TATV, Jum'at (9/11) dengan mengusung  tema "Bersama Mengawal Panca Program Bupati", DPRD Kabupaten Wonogiri untuk kesekian kalinya mengikuti acara obrolan santai "Jagongan Sar Gede" di halaman pintu masuk Pasar Gede Surakarta.

Acara yang berlangsung dalam durasi 1 jam dimulai tepat pada pukul 19.30 WIB yang dibawakan oleh Host Akbar dan Co-Host Irma Calista kali ini menghadirkan 4 Narasumber dari DPRD Kabupaten Wonogiri yang mengurusi bidang infrastruktur, kesehatan dan pendidikan yaitu Bambang Sadriyanto (Ketua Komisi III), Sriyono, S.Pd (Ketua Komisi IV) dan MH. Zainudin, S.Sos, M.Hum (Wakil Ketua Komisi I) dengan didampingi Sekretaris DPRD, Ir. Gatot Siswoyo, MM.

Di awal obrolan, MH. Zainudin menjelaskan secara ringkas bagaimana Panca Program Bupati Wonogiri yang diusung pemerintahan era Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa yang memberikan skala prioritas bidang pembangunan yang benar-benar menyentuh sendi perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat dengan alokasi anggaran yang memadai dengan tetap memberikan perhatian pada bidang lainnya. Dengan adanya Panca Program Bupati Wonogiri tentu saja memberikan satu perubahan mendasar yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Wonogiri.

Bambang Sadriyanto mengatakan bahwa beban jalan yang menjadi tanggungjawab Pemerintah Kabupaten Wonogiri sejauh 1.038 KM, dengan kondisi awal yang memprihatinkan. Namun, mulai dari tahun pertama Joko Sutopo "Jekek" menjabat sebagai Bupati Wonogiri bersama pasangan Wakil Bupati Wonogiri Edy Santosa menempatkan program "Alus Dalane" menjadi satu prioritas dalam Panca Program dengan panjang jalan yang sudah diperbaiki hingga tahun 2018 ini sejauh 900 Km.

"Dalam menentukan skala prioritas jalan yang akan dikerjakan, Pemerintah Kabupaten Wonogiri terlebih dulu menetapkan mana-mana jalan yang masuk dalam SK Bupati atau tidak. Karena jika jalan tersebut masuk dalam kategori jalan desa, maka akan menjadi tanggung jawab desa untuk mengelola dengan menggunakan dana desa atau APBDes", tambah Bambang.

Sekretaris DPRD juga menambahkan bahwa Panca Program Bupati Wonogiri ini adalah 5 (lima) program prioritas/unggulan dalam penyelenggaraan pemerintahan Bupati tanpa meninggalkan program yang sudah ada yang disingkat dalam istilah "Alus Dalane, Rame Pasare, Sehat Wargane, Pinter Rakyate, Sukses Petanine" yang artinya pembangunan 5 (lima) tahun kedepan akan diprioritaskan pada infrastruktur, pembangunan pasar tradisional, kesehatan, pendidikan dan pertanian. Adapun DPRD Kabupaten Wonogiri memberikan support terhadap Panca Program melalui tiga fungsi yang dimiliki yaitu fungsi budgeting, pengawasan dan legislasi

Sementara itu untuk bidang kesehatan, Sriyono Ketua Komisi IV mengungkapkan bahwa fasilitas layanan kesehatan terus dibenahi agar memenuhi standar pelayanan. Peningkatan fasilitas ini, sedikit demi sedikit diikuti dengan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Sebagai wujud implementasi salah satu program prioritas dalam Panca Program Bupati yakni "Sehat Wargane", RSUD dr Soediran Mangun Sumarso Wonogiri telah menyiapkan gedung rawat inap tiga lantai untuk mengantisipasi pelayanan bangsal kelas III melalui program jamkesda dan ini gratis berlaku bagi warga miskin yang belum dijamin oleh Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)", terang beliau.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda website DPRD Kabupaten Wonogiri ?
Sangat Bagus
Bagus
Lumayan
Tidak Bagus

HASIL POLLING
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 177007 kali